Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan mesin pakan ikan kepada kelompok budidaya ikan air tawar.

"Satu set mesin produksi pakan ikan ini kami salurkan kepada satu kelompok petani budidaya di Desa Sekarbiru, Parittiga," kata Kepala Bidang Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat Wiratmo di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan, satu set alat produksi pakan ikan yang akan disalurkan tersebut terdiri dari satu unit mesin pembuat tepung dan satu unit pencetak pakan.

Selain mendapatkan bantuan satu set mesin, kelompok tersebut juga mendapatkan bantuan bahan baku pakan ikan yang terdiri dari tepung ikan, tepung kedelai, minyak ikan dan vitamin.

"Bantuan ini menggunakan anggaran dana alokasi khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan yang direalisasikan tahun ini," katanya.

Ia mengatakan, saat ini bantuan yang sudah disalurkan berupa bahan baku pakan ikan, sedangkan mesin penepung dan mesin pencetak masih menunggu proses pengiriman.

Menurut dia, penyaluran bantuan diberikan kepada kelompok petani budidaya yang sebelumnya sudah mengajukan proposal.

"Kami berharap bantuan yang masuk dalam gerakan pakan mandiri ini benar-benar tepat sasaran dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya para anggota kelompok untuk mengurangi beban biaya produksi budidaya ikan air tawar," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020