Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Belitung Syaiful Zohri mengatakan cinta tanah air Indonesia adalah bagian dari iman yang harus ditanamkan pada jiwa umat Islam Indonesia.

"Dasar keimanan ini yang mengkokohnya jiwa persatuan dan kesatuan menjaga negeri Indonesia yang kita cintai," katanya di Sungailiat, Jumat saat apel kebangsaan dan deklarasi menolak ujaran kebencian, sikap intoleransi, aksi kekerasan serta radikalisme guna menjaga kebhinekaan dan keutuhan NKRI.

Dia mengatakan, kekuatan persatuan dan kesatuan menjadi catatan sejarah perjuangan pahlawan Indonesia melawan penjajah termasuk di dalamnya peran tokoh agama, pemuda saat itu berhasil meraih kemerdekaan.

"Kita harus bersyukur sebagai warga negara Indonesia yang memiliki keragaman suku, budaya dan agama serta bahasa berbeda namun tetap bersatu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika," katanya.

Ia mengatakan pendiri Nahdlatul Ulama KH. Hasjim Asy'ari kala itu  mengeluarkan pernyataan yang menguatkan semangat perjualan yakni cinta tanah air bagian dari iman.

Dia mengatakan, jargon yang kuat dari ulama besar KH. Hasjim Asy'ari tersebut yang menyatukan anak bangsa dari Sabang sampai Merauke.

"Saya mengajak seluruh masyarakat tetap bersemangat memperkuat persatuan dan kesatuan guna kepentingan negeri Indonesia yang kita cintai bersama," demikian Syaiful Zohri.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020