Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Tanjung Pandan mengatakan renovasi pelabuhan Tanjung Batu Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan dilanjutkan pada tahun 2021 mendatang.

"Untuk pekerjaan pelabuhan Tanjung Batu selanjutnya dilakukan pada tahun depan," kata Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Afriyon Putra di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, seharusnya pekerjaan renovasi "cause way" dan trestel di pelabuhan Tanjung Batu rampung pada tahun ini namun akibat pandemi COVID-19 anggaran pekerjaan dipotong hingga mencapai 40 persen.

"Jadi pengerjaan "cause way" dan trestel paling ujung dikerjakan tahun depan karena dananya dimasukin di tahun depan," ujarnya.

Sehingga, lanjut Afriyon, pada tahun 2021 renovasi pelabuhan Tanjung Batu akan dilanjutkan dengan penyelesaian pembangunan "cause way", trestel dan dermaga.

"Pengerjaan tahun depan cukup panjang masa kerjanya karena ditambah sisa pekerjaan tahun ini sehingga lelang juga mungkin dilaksnakan pada akhir tahun ini karena awal tahun nanti sudah harus mulai," katanya.

Ia menambahkan, rencananya pelabuhan Tanjung Batu akan mulai diujicobakan pada tahun depan guna melayani pergerakan penumpang dan barang di wilayah itu.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak kontraktor bagaiman kekuatannh sehingga nanti bisa kita uji cobakan untuk beberapa bulan karena pengguna jasa sudah banyak yang bertanya," ujarnya.

Dia berharap dengan beroperasinya pelabuhan tersebut dapat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Selama uji coba bisa mendukung perekonomian Belitung sebelum pengerjaan inti dilakukan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020