Tercatat sebanyak 36 warga di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab metode polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan sebelumnya oleh tim medis setempat.

Juru bicara satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat Jumat mengatakan, 36 warga yang terkonfirmasi positif virus jenis baru corona masing - masing sebanyak 35 orang katagori usia anak - anak dari salah satu panti asuhan di Kecamatan Sungailiat dan satu orang warga asal  Kecamatan Mendo Barat.

"Jumlah itu merupakan angka kasus tertiggi ditemukan satu hari selama penyebaran SARS-CoV-2 di wilayah Kabupaten Bangka," kata Boy Yandra.

Untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang intensif kata dia, warga yang terpapar COVID-19 tersebut akan menjalani karantina di asrama haji di Kota Pangkalpinang.

Sampai saat ini total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Bangka yang tersebar disejumlah kecamatan sebanyak 301 kasus dan dinyatakan sembuh 278 orang.

Sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus kata Boy Yandra, dinas kesehatan langsung melakukan "tracking" atau pelacakan,  penelusuran "tracing" dan  pengujian "testing" dalam mendeteksi sebaran kasus COVID-19.

   
Begitu pula pihak  BPBD Kabupaten Bangka sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan panti asuhan dan rumah pasien.

"Dari total kasus positif COVID-19 di Kabupaten Bangka itu didominasi dengan status orang tanpa gejala (OTG) dan jika terdapat anggota keluarga yang mengalami deman untuk segera dibawa ke pusat pelayanan kesehatan terdekat," katanya.

Boy Yandra mengingatkan seluruh masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yang benar sebagai upaya antisipasi dini pencegahan penyebaran SARS-CoV-2.

"Disiplin menerapkan prokes pilihan satu - satunya mencegah penyebaran virus yang belum ditemukan obatnya itu serta tetap menjaga prilaku hidup bersih dah sehat," katanya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020