Komisi Pemilihan Umum Kabuparen Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sebanyak 13 alat protokol kesehatan COVID-19 saat pungut hitung di TPS pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

Ketua KPU Bangka Tengah Rusdi di Koba, Minggu, menjelaskan sebanyak 13 alat protokol kesehatan tersebut adalah face shield, sabun, masker, tisu, sarung tangan latek, tinta tetes, disinfektan, thermo gun, tong sampah, tempat cuci tangan, hand sanitizer, baju hasmat dan sarung tangan plastik.

"Semua alat kesehatan protokol kesehatan itu sudah tersedia dan sudah dilakukan pengepakan untuk distribusikan ke TPS," ujarnya.

Pihaknya menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat saat pelaksanaan pungut hitung Pilkada 2020 guna menghindari klaster baru.

"Skema pencoblosan semuanya menyesuaikan dengan protokol kesehatan, seperti pembangunan TPS harus memperhatikan protokol kesehatan, jarak tempat duduk dan mengatur warga untuk mencoblos di bilik suara untuk menghindari kerumunan," ujarnya.

Sementara itu, Pilkada Kabupaten Bangka Tengah diikuti dua pasangan calon yaitu Algafry Rahman-Herry Erfian dan pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo.

Algafry Rahman-Herry Erfian diusung tujuh partai politik yaitu Golkar, NasDem, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PKB.

Sementara pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo diusung dua partai politik yaitu PDIP dan Partai Demokrat.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020