Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yuliyanto meminta warga tetap menunggu hasil perolehan suara Pilkada Serentak 9 Desember 2020 secara resmi dari pihak KPU setempat.

"Kendati hasil sementara secara hitungan cepat sudah banyak beredar di media sosial, namun saya mengimbau kepada warga tetap menunggu hasil resmi dari KPU," ujarnya di Koba, Jumat.

Hal itu dikemukakannya menyikapi sudah beredarnya hasil perolehan sementara suara Pilkada 2020 dari dua pasangan calon yang bertarung yaitu Algafry Rahman-Herry Erfian dan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo yang merupakan hitungan cepat dari berbagai kalangan.

"Lembaga yang berkompeten mengeluarkan hasil tersebut adalah KPU, maka kita tunggu hasil rekapitulasi dari lembaga penyelenggara tersebut," ujarnya.

Namun demikian, kata Yuliyanto tidak ada masalah jika tim pemenangan masing-masing calon mengeluarkan hasil hitungan cepat mereka tetapi itu hanya sebatas data perbandingan saja.

"Sah-sah saja tim melakukan rekap sendiri hasil perolehan suara, tetapi itu hanya untuk kepentingan tim saja bukan sebagai rujukan karena hasil resmi tetap dari KPU," ujarnya.

Pilkada Kabupaten Bangka Tengah diikuti dua pasangan calon yaitu Algafry Rahman-Herry Erfian dan pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo.

Algafry Rahman-Herry Erfian dengan nomor urut 01 diusung tujuh partai politik yaitu Golkar, NasDem, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PKB.

Sementara Didit Srigusjaya-Korari Suwondo dengan nomor urut 02 diusung dua partai politik yaitu PDIP dan Partai Demokrat.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020