Wakil Bupati Bangka Syahbudin mengingatkan seluruh masyarakat di daerah itu untuk meningkatkan kebersihan lingkungan, terutama saluran air, karena kini memasuki musim hujan.

"Saya ingatkan masyarakat agar memperhatikan kondisi lingkungan, pastikan benar-benar bersih dari sampah, terutama di saluran air, agar tidak ada tumpukan sampah untuk menghindari terjadinya banjir karena memasuki musim hujan," kata Syahbudin di Sungailiat, Rabu.

Bagi warga di daerah yang rawan banjir, kata wabup, hendaknya bergotong royong membersihkan semua saluran air, jangan sampai ada tumpukan sampah yang dapat menghambat air mengalir.

"Warga dapat bergotong royong membersihkan saluran air yang terdapat di lingkungan rumah warga karena ada sejumlah tempat yang rawan banjir," katanya.

Wabup Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak masyarakat untuk kembali semangat menanamkan kebersamaan menjaga kelestarian lingkungan, seperti bergotong royong.

Para kepala desa atau lurah disarankan untuk segera berkoordinasi dengan dinas atau lembaga terkait jika terdapat musibah banjir atau bencana alam lainnya yang menimpa warga untuk segera mendapatkan bantuan.

"Koordinasi diperlukan agar penanganan masalah yang terjadi di lapangan segera dapat diselesaikan bersama," ujar wabup.

Di tengah pandemi COVID-19, wabup minta masyarakat agar tetap menjaga kesehatan serta meningkatkan disiplin protokol kesehatan, seperti harus memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak dan rutin mencuci tangan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020