Kapolres Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung AKBP Widi Haryawan meminta seluruh pengurus gereja di daerahnya menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh jemaatnya saat ibadat Natal.

"Saya minta seluruh pengurus gereja mengharuskan seluruh jemaatnya menerapkan protokol kesehatan mulai dari mewajibkan memakai masker, mencuci tangan dan mengatur jarak antar jemaat dalam gereja," katanya di Sungailiat, Senin.

Menurut Kapolres, disiplin menerapkan protokol itu tidak boleh diabaikan sebagai langkah utama dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Menerapkan prokes saat ini menjadi hal yang wajib mengingat angka kasus penyebaran virus corona sudah merata di semua wilayah kecamatan dengan angka kasus mencapai ratusan orang," jelas kapolres.

Dia mengatakan hasil koordinasi dengan pengurus gereja diketahui adanya sejumlah gereja yang akan menyelenggarakan ibadat Natal secara virtual atau mengatur jumlah jemaat datang ke gereja.

Ia menegaskan tidak akan mengeluarkan izin kegiatan kepada masyarakat umum dihadiri banyak orang kecuali kegiatan ibadah keagamaan namun juga harus tetap mematuhi prokes COVID-19.

"Kami tidak memberikan izin kegiatan kerumunan masyarakat sebagai upaya keseriusan dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran virus jenis baru corona," katanya.

Kapolres mengajak seluruh lapisan masyarakat serius bersatu padu melakukan pencegahan COVID-19 karena penyebarannya sudah merata di wilayah kecamatan dengan berbagai klaster.





 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020