Kepolisian Resor Bangka Tengah, Daerah Kepulauan Bangka Belitung, berupaya mencegah meningkatnya penyebaran virus COVID-19 saat perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Kami terus berupaya menciptakan rasa aman di masyarakat, termasuk aman dari ancaman virus corona baru," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet Ady Purnomo usai Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Menumbing 2020 dalam rangka menyambut Natal dan Tahun baru di Koba, Senin.

Menurut dia, pihak kepolisian terus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak dalam rangka menciptakan situasi aman saat Natal dan Tahun Baru.

"Ratusan personel kami kerahkan khusus pengamanan Natal dan tahun baru, mereka juga mengawal protokol kesehatan di tengah warga," ujarnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar taat pada protokol kesehatan, tidak bereuforia melakukan perayaan dengan berkerumunan karena bisa memicu penyebaran virus Corona.

"Personel yang bertugas di lapangan juga saya tekankan untuk meelaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas," ujarnya.

Pihaknya juga berkewajiban melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

"Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan," ujar Kapolres.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020