PT Timah Tbk meluncurkan perdana Mobil Sehat di kawasan Rusunawa Asri Nelayan II, Sungailiat, Bangka, Rabu (30/12/2020). Selain meluncurkan mobil sehat juga digelar bakti sosial dengan membagikan paket sembako bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Mobil Sehat PT Timah Tbk ini memberikan pelayanan kesehatan keliling bagi masyarakat. Mobil sehat yang dilengkapi dengan tenaga medis dan obat-obatan ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkkan layanan kesehatan gratis, terutama untuk layanan kesehatan dasar seperti pengecekan gula darah, kolesterol dan konsultasi dokter. Mobil sehat ini juga melayani kesehatan ibu dan anak. 

Hadirnya mobil sehat ini merupakan bentuk komitmen PT Timah Tbk untuk memenuhi hak kesehatan masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu dalam mendapatkan layanan kesehatan dasar secara gratis. Memberikan penyuluhan   kesehatan bagi  masyarakat agar mereka memiliki pengetahuan tentang kesehatan.

Melalui Mobil Sehat ini PT Timah Tbk bersinergi dengan pemerintah dan komunitas dalam  mengkomunikasikan  Pola Hidup  Bersih  dan Sehat (PHBS) di masyarakat khususnya masyarakat yang membutuhkan dan jauh dari akses layanan kesehatan.

Bupati Bangka, Mulkan yang hadir dalam peluncuran perdana Mobil Sehat PT Timah Tbk ini mengapreasi komitmen PT Timah Tbk yang tak henti-hentinya peduli dan memberikan kontribusi bagi masyarakat. Saat ini, kata dia angka penularan Covid-19 terus bertambah, sehingga perlu kesadaran bersama untuk menerapkan protokol kesehatan dan mengimplementasikan pola hidup sehat. 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PT Timah yang telah peduli bersama untuk membangun pemerintah kabupaten Bangka. PT Timah meluncurkan perdana pelayanan kesehatan dengan mobil sehat. Mobil ini akan berkeliling secara reguler memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat. Jadi ini bisa dimanfaatkan masyarakat,” katanya. 
(ANTARA/ Aprionis)

Menurutnya, Pemkab Bangka juga terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat diantaranya dengan mengadakan ambulance, puskesmas pariwisata dan layanan kesehatan lainnya. 
 
“Kesehatan ini sangat mahal dan tidak ternilai harga, bukan untuk siapa-siapa tapi juga diri kita sendiri.  Kepedulain PT Timah ini enggak terputus, tidak hanya untuk kabupaten Bangka tapi juga se Babel. PT Timah juga dulu pengadaan PCR untuk memeriksa kesehatan yang terapapar corona. Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan mobil keliling ini silakan manfaatkan ini,” pesannya. 

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan, PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan, PT TIMAH Tbk dalam pelaksanaan CSR mengadaptasi konsep tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau di dunia dikenal dengan istilah Sustainable development goals atau SDG’s.

Sebagai informasi, terdapat sebelas program strategis PT TIMAH Tbk dimana sepuluh diantaranya dirancang untuk ikut terlibat dalam pelaksanaan dan pencapaian TPB. Selain TPB, juga diperkaya dengan perspektif prinsip- prinsip pertambangan berkelanjutan, aturan kebijakan yang berlaku, mata pencaharian yang berkelanjutan. pada sektor Kesehatan komitmen perusahaan antara lain adalah Peningkatan Akses dan Mutu Layanan Kesehatan Masyarakat juga Penyehatan Sanitasi Pemukiman Komunitas 
Pada aspek Peningkatan Akses dan Mutu Layanan Kesehatan Masyarakat PT Timah terus berkomitmen untuk kongkrit melaksanakan program, salah satunya melalui Mobil Sehat. 

“Mobil sehat ini tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan gratis, tapi juga konsultasi kesehatan. melalui mobil sehat ini kita berupaya membantu  pemerintah dalam   mengendalikan   angka   masyarakat yang sakit  dan   memetakan status   kesehatan khususnya   angka   kesehatan   manula, balita   dan   ibu   hamil,” katanya. 
 
 (ANTARA/ Aprionis)

Selain itu, dengan adanya Mobil Sehat ini diharapkan, PT Timah juga berpartisipasi  meringankan  beban  biaya kesehatan  masyarakat. Meningkatkan kesehatan manula, ibu dan anak di wilayah binaan secara berkala. Mewujudkan   peran   serta   masyarakat   secara   pribadi   maupun   instansi   dalam meringankan beban kesehatan masyarakat yang jauh dari akses kesehatan.

Anggi berharap, mobil sehat ini dapat sebaik-baiknya memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan dan juga secara optimal sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disekitar wilayah operasional PT Timah dan sekitarnya

“Kami berharap kehadiran Mobil Sehat Timah ini dapat membantu masyarakat” jelasnya

Mawar (90) warga Nelayan II Sungailiat ini mengatakan, dirinya sangat senang dengan adanya pelayanan kesehatan gratis. Pasalnya, Ia sudah lama tidak memeriksakan kondisi kesehatannya lantaran terkendala biaya.

“Saya dulu pernah lumpuh, selama ini kalau berobat hanya ke Puskesmas itupun  minta antar orang karena sudah susah jalan. Saya senang hari ini bisa periksa kesehatan gratis, dapat sembako juga. Semoga ini sering dilaksanakan di sini, karena orang tua seperti kami ini banyak sekali keluhan sakitnya,” ujarnya. 

Senada, Hamima yang mengatakan pelayanan kesehatan dengan mobil sehat PT Timah ini terasa nyaman meskipun dilayani di dalam mobil. Ia berharap kegiatan seperti ini sering dilaksanakan di wilayah mereka. 

“Saya sudah diperiksa tadi menyampaikan keluhan ke dokternya, meskipun di mobil pelayannanya nyaman dan cukup lengkap. Dikasih obat juga dan itu gratis, semoga sering-sering seperti ini,” ujarnya. 

Peluncuran Mobil Sehat dan Bakti Sosial ini turut dihadiri Bupati Bangka, Mulkan, Wakil Kepala Unit Penambang Laut PT Timah Tbk, Wijaya, Kepala Divisi CSR PT Timah Tbk, Rendy Kurniawan, Forkompinda dan masyarakat di wilayah Nelayan II Sungailiat. 

Mengenal Mobil Sehat PT Timah Tbk

Mobil Sehat PT Timah memberikan pelayanan kesehatan keliling bagi masyarakat yang membutuhkan. Meskipun pelayanan kesehatan dilakukan di dalam mobil, fasilitas kesehatan yang dimiliki terbilang cukup lengkap. 

Pelayanan kesehatan yang dilakukan mobil sehat ini diantaranya ialah pemeriksaan kesehatan rutin seperti, tensi, pemeriksaan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, dan konsultasi kesehatan. 
(ANTARA/ Aprionis)

Tak hanya itu, Mobil Sehat ini juga menyediakan layananan Kesehatan bagi ibu dan anak bagi masyarakat, termasuk untuk konsultasi kesehatan anak. 

Mobil Sehat ini juga dilengkapi dengan tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan. Selain itu, juga terdapat bilik konsultasi, bilik pemeriksaan, tandu. lemari obat dan peralatan kesehatan lainnya yang menunjang pemeriksaan kesehatan masyarakat. 

Nantinya, mobil ini akan berkeliling ke berbagai wilayah untuk memberikan pelayana kesehatan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Hadirnya Mobil Sehat PT Timah Tbk merupakan bentuk komitmen PT Timah Tbk untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020