Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto melakukan pemantauan atau inspeksi mendadak di beberapa organisasi perangkat daerah di pemerintahan daerah itu guna melihat efektivitas penerapan kebijakan kerja dari rumah yang dimulai sejak Senin (4/1).

"Pemantauan ini merupakan salah satu upaya kami untuk melihat kinerja para pegawai, ini juga sebagai bentuk ketegasan kami sebagai pejabat birokrasi tertinggi di Pemprov Babel," kata Sekda Naziarto di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, sengaja melakukan inspeksi mendadak untuk melihat secara langsung beberapa OPD ini telah melaksanakan pola kerja dari rumah sesuai surat edaran yang telah disampaikan.

Saat melakukan pemeriksaan di beberapa OPD seperti Badan Keuangan Daerah Babel, Inspektorat dan Bappeda ditemukan para pegawai sudah melaksanakan kebijakan tersebut sesuai dengan surat edaran.

Selain memantau tiga OPD tersebut, Naziarto mengatakan penerapan disiplin PNS saat ini sudah berjalan dengan baik dan suasana kerja dalam pelayanan publik juga berjalan dengan baik.

"Jadi artinya walaupun 50 persen pegawai secara bergilir setiap minggu kerja dari rumah, namun kinerjanya tetap berjalan seperti biasa dan tetap ada kerja sama yang baik antarpegawai dalam menyelesaikan tugasnya," ujarnya.

Dalam sidak tersebut Naziarto sempat menghubungi salah satu pegawai karena ada tugas yang harus segera diselesaikan dan langsung direspons yang bersangkutan datang menyelesaikan tugas tersebut.

"Meskipun kerja dari rumah, namun mereka tetap siap jika sewaktu-waktu ada panggilan untuk datang ke kantor, ini hal luar biasa bagi saya, karena kebijakan ini tidak mengganggu dalam menyelesaikan tugas," katanya.

Selain melakukan sidak di tiga OPD itu, dirinya juga akan melakukan hal serupa di OPD lain untuk memastikan seluruh kebijakan dilaksanakan dengan baik dan benar.

"Kebijakan ini untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, kami berharap mereka tetap patuh selama menjalankan kerja dari rumah dan tetap bisa maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Kepala BKPSDM Pemprov Babel, Sahirman mengatakan sidak yang dilakukan Sekda ini juga dilakukan untuk memastikan apakah pegawai telah menerapkan protokol kesehatan atau tidak seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Kebijakan ini merupakan salah satu protokol kesehatan yakni menjaga jarak, ini juga sebagai bentuk komitmen dan ketegasan Sekda untuk meningkatkan kinerja para pegawai," kata Sahirman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021