Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melalui lembaga berwenang menyerahkan bantuan sarana kerja bagi 600 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan, Perizinan Terpadu Satu Pintu Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bangka, Asmawai Alie, di Sungailiat, Kamis mengatakan, bantuan sarana usaha bagi 600 pelaku UMKM berupa peralatan dan mesin kerja sesuai dengan bidang usaha mereka.

"Bantuan yang disalurkan itu sebagai upaya pemerintah daerah mendorong pertumbuhan ekonomi pada sektor UMKM di tengah pandemi COVID-19," katanya.

Dia mengatakan bantuan berupa peralatan rumah tangga, peralatan dapur, peralatan dan mesin furnitur, bahan baku kue, gerobak dorong, serta alat penyedot madu.

Menurutnya, penerima bantuan yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan merupakan pelaku UMKM yang dianggap sudah memenuhi syarat penerima bantuan termasuk memiliki izin usaha.

"Bantuan sebanyak 1.111 unit bagi ratusan pelaku UMKM itu bersumber dari dana insentif daerah tambahan dari pemerintah pusat senilai lebih Rp1 miliar," jelasnya.

Dia berharap dengan bantuan itu pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha mereka secara berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga dan warga lainnya.

"Pemerintah daerah terus mendorong pertumbuhan usaha sektor ini agar dapat berkembang dengan baik sesuai dengan kondisi perekonomian daerah maupun ekonomi nasional," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021