Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat, Jumat besok, 15 Januari 2021 akan menjadi penerima penyuntikan vaksinasi perdana COVID-19 di Babel, tepatnya di Rumah Sakit Soekarno Air Anyir, Kabupaten Bangka.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini sejalan dengan beberapa misi Gubernur dalam memimpin Bangka Belitung, diantaranya meningkatkan sumber daya manusia unggul, dan handal, meningkatkan kesehatan masyarakat serta meningkatkan pengendalian bencana, dan kualitas lingkungan hidup. Sebab, pandemi COVID-19 ini telah ditetapkan statusnya menjadi bencana non alam.

Erzaldi menyatakan siap menjadi orang pertama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mendapat suntikan vaksin COVID-19, karena seorang pemimpin harus menjadi teladan bagi masyarakat, untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin itu aman.

"Meski sudah divaksin, Saya ingin mengingatkan kepada masyarakat, jangan pernah merasa dengan adanya vaksin sudah merasa aman dari virus, tetap kita melakukan protokol kesehatan dengan disiplin," ujarnya.

Tahap pertama vaksinasi juga ditujukan bagi tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan memerangi COVID-19 dengan jumlah penerima 12.000 orang. Kegiatan ini ditargetkan selesai pada akhir April 2021.

Untuk di Provinsi Kepulauan Babel, vaksinasi perdana dilakukan di tiga kabupaten kota, yakni di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Belitung, dikarenakan jumlah penderita positif COVID-19 tinggi terjadi di daerah tersebut.

"Ketika masyarakat sudah divaksin, mereka akan menerima kartu menggunakan aplikasi Primary Care (P-Care), untuk memperlancar proses data pemberian dan penerima vaksin," jelasnya.

Erzaldi menambahkan, mengenai distribusi vaksin yang ada di cold storage penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan. Distribusi vaksin ke kabupaten/kota akan dikawal oleh pihak kepolisian. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan pelabuhan, Bangun Cahyo Utomo menjelaskan, distribusi vaksin Covid-19 yang akan segera disebarkan, untuk wilayah Pangkalpinang berjumlah 4.760 dosis, 3.560 dosis untuk wilayah Bangka, dan 1.960 dosis untuk wilayah Belitung.

Turut hadir dalam kegiatan ini bersama Gubernur Erzaldi antara lain, Kepala Dinas Kominfo Babel, Sudarman, Kepala KKP, Bangun Cahyo dan Kadinkes Provinsi Babel, Mulyono beserta tamu undangan lainnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021