Kepala UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Babel mengimbau para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) se-Babel yang mau memesan kemasan di Rumah Promosi dan Kemasan Babel, bisa mendaftar di aplikasi Sistem Informasi Kendali dan Layanan Kemasan (SI KELESAN). Aplikasi ini bisa diakses di manapun, bahkan bisa sambil rebahan.

"Pelaku IKM yang mau membuat kemasan atau desain kemasan bisa mendaftar di SI KELESAN dengan alamat www.rumahkemasan.babelprov.go.id. Daftarnya bisa sambil rebahan, misalnya ketika menonton TV, mendengar musik, atau sambil istirahat," kata Kepala UPTD Rumah Promosi dan Kemasan, Muslim El Hakim Kurniawan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, untuk mempermudah para pelaku IKM mendaftar, pihaknya telah membuat tutorial di channel youtube dengan nama akun "Rumah Kemasan Babel", disana diajarkan langkah-langkah untuk mendaftar. 

Pihaknya juga membuka pendaftaran melalui hotline yang tersedia  selama 24 jam dalam 7 hari dengan menghubungi operator di nomor WA 08117111192.

"Jika ada pelaku IKM yang mau membuat kemasan atau desain kemasan bisa melihat tutorialnya di channel youtube RUMAH KEMASAN BABEL," ujarnya.

SI KELESAN merupakan web based apps. Tujuannya untuk memudahkan para pelaku usaha IKM dalam memesan kemasan tanpa harus datang ke UPTD Rumah Promosi dan Kemasan. Ini juga agar mampu menjangkau IKM/UMKM di seluruh Babel terutama yang jauh dari Pangkalpinang.

Kehadiran SI KELESAN ini juga berdampak pada pengurangan biaya transportasi para pelaku usaha IKM, sekaligus mengurangi kontak langsung di masa pandemi COVID-19. 

Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik, terdapat pilihan kurir untuk mengantar kemasan ke alamat pemesan, terdapat juga fitur virtual tour 360 di mana kemasan IKM yang sudah diproduksi akan dipromosikan dengan disertai nomor WA IKM tersebut, sehingga calon konsumen yang tertarik bisa langsung memesan produk tersebut ke pelaku usaha. 

"Rumah Promosi dan Kemasan nantinya menjadi cashless retribution, semuanya akan termonitor by system baik order, progress report maupun persediaan bahan baku.  Sesuai dengan moto kami yaitu lebih cepat, lebih baik dan lebih fleksibel," ujarnya. 

Oleh sebab itu, aplikasi ini sangat mempermudah para pelaku usaha IKM se-Babel dalam memesan kemasan di Rumah Promosi dan Kemasan UPTD Disperindag Babel.

"Kita berharap nantinya Kemasan IKM di Babel naik kelas baik secara visual maupun secara fungsional, sehingga bisa bersaing dipasar lokal, nasional maupun global sesuai arah kebijakan prioritas Gubernur kita," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021