Pemerintah Kabupaten Bangka, Babel, meningkatkan pemberdayaan pelaku ekonomi kreatif agar mampu bersaing dan berkembang baik karena sektor ini dinilai mampu mendukung pembangunan ekonomi nasional.

Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Babel, Rabu mengatakan pemberdayaan sektor ekonomi kreatif penting dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengetahuan informasi dan kualitas produk usaha berkelanjutan.

"Peranan ekonomi kreatif dengan berbagai usaha seperti kuliner, kerajinan tangan handicraft dan bidang jasa lainnya cukup besar membuka kesempatan lapangan pekerjaan," jelasnya.

Baca juga: Bupati Bangka minta dinas pariwisata selesaikan masalah aset

Menurut bupati, banyaknya muncul usaha pada sektor ini tidak hanya memberikan dampak positif pada lapangan pekerjaan, namun juga persaingan inovasi produksi untuk menarik konsumen.

Pemerintah Kabupaten Bangka, kata Mulkan, memaksimalkan pengembangan sektor ekonomi kreatif melalui dukungan sarana kerja dan pendampingan.

Di tengah pandemi COVID-19, Bupati sependapat dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno soal perlunya sertifikat kesehatan berbasis CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability) guna memberikan jaminan pelayanan dan produk memenuhi standar protokol kesehatan.

"Sektor usaha kreatif dan kepariwisataan harus berjalan bersamaan namun tetap mengedepankan kesehatan baik untuk kepentingan keselamatan pekerja dan masyarakat sebagai konsumen," kata bupati.

Pemerintah pusat dan daerah, kata bupati, saat ini fokus dalam penanganan COVID-19, namun pada waktu bersamaan melakukan berbagai skenario untuk memulihkan perekonomian secara menyeluruh.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021