Sebanyak 211 orang di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih menunggu hasil tes usap COVID-19 dari laboratorium kesehatan daerah setempat.

"Sampai dengan hari ini, terdapat 211 orang yang masih menunggu hasil tes swab dari laboratorium kesehatan berasal dari sejumlah wilayah kecamatan karena diduga kontak dengan pasien positif COVID-19," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Minggu.

Boy Yandra mengakui banyak warga yang menunggu hasil tes usap tersebut mengingat jumlah tunggu yang sama di laboratorium itu mencapai ribuan yang berasal dari daerah lain di Provinsi Bangka Belitung.

"Biasanya hasil swab baru dapat diketahui setelah satu minggu karena jumlah yang diuji cukup banyak bahkan mencapai ribuan sampel tes berasal dari daerah lain," jelasnya.

Boy Yandra berharap angka penambahan kasus dapat ditekan seminimal mungkin meskipun jumlah tunggu hasil tes usap mencapai ratusan orang.

Berdasarkan data informasi COVID-19 Kabupaten Bangka, sampai dengan hari ini sebanyak 1.645 kasus positif, 1.561 sembuh, 19 orang meninggal dunia dan 3.837 orang kontak erat dengan pasien COVID-19.

"Kasus penyebaran virus corona sudah menyebar menyeluruh di delapan kecamatan dengan angka penyebaran terbanyak di Kecamatan Sungailiat mencapai 607 orang, 585 sembuh dan sembilan pasien COVID-19 meninggal dunia," katanya.

Dia mengatakan upaya pencegahan penyebaran virus terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan, BPBD dan TNI Polri termasuk melibatkan tim relawan.

"Upaya yang dilakukannya mulai pelacakan, penelusuran sampai ke pengujian dalam mendeteksi sebaran kasus COVID-19," katanya.

Menurutnya, hanya dengan tetap disiplin menerapkan prokes kesehatan jalan satu-satunya mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021