Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan ratusan lembar masker bagi pengunjung dan pedagang tradisional di pasar "Kite" Sungailiat.

Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Rabu mengatakan kegiatan pembagian ratusan lembar masker guna mencegah penyebaran virus jenis baru di kelompok pedagang dan pengunjung pasar dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Pembagian masker juga bagian dari kegiatan memperingati Hari Pers Nasional yang beberapa hari lalu sudah dilaksanakan," kata bupati.

Menurutnya, melalui pembagian masker yang menyasar baik pedagang sayur, sembako dan pengunjung sebagai sarana sosialisasi pelaksanaan vaksinasi tahap kedua dan penerapan peraturan daerah tentang penanganan dan pencegahan COVID-19.

"Saya melihat secara umum masyarakat sudah mulai sadar menerapkan protokol kesehatan meskipun angka kasus penyebaran virus masih terjadi," ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Bangka, Syahbudin menilai penyebaran virus COVID-19 dapat dicegah jika 80 persen dari jumlah penduduk sudah mendapat vaksinasi.

"Saya beranggapan jika minimal 80 persen masyarakat sudah divaksin, maka penyebaran virus itu dapat dicegah dan penanganan pencegahan harus dilakukan terpadu atau gotong royong oleh semua pihak tanpa terkecuali," jelas Wabup.

Wabup mengatakan, dalam peraturan daerah tentang COVID-19 mengatur sanksi bagi pelanggar meskipun tetap mengedepankan pertimbangan manusiawi.

Berdasarkan data informasi COVID-19 Kabupaten Bangka, sampai hari ini tercatat 1.987 orang positif COVID-19, 1.709 orang sudah dinyatakan sembuh, 21 pasien meninggal dunia dan 257 orang masih menjalani isolasi untuk mendapatkan perawatan kesehatan.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021