Satuan Lalu Lintas Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memaksimalkan patroli guna meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di daerah itu baik pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan melalui Kasatlantas IPTU Ramos Gapita Siregar di Sungailiat, Kamis mengatakan upaya maksimal patroli yang dilakukan personelnya sebagai langkah pencegahan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

"Patroli kami lakukan secara rutin sampai ketingkat sektor atau wilayah kecamatan dengan melibatkan sejumlah personel didukung kepolisian sektor setempat," jelasnya.

Dari Januari 2021 sampai  sekarang kata dia, terdata kecelakaan lalu lintas sebanyak 12 tempat kejadian perkara baik roda dua maupun roda empat dengang didominasi kecelakaan di wilayah kecamatan.

"Upaya pencegahan kecelakaan dan pelanggaran, tidak hanya melakukan patroli melainkan layanan edukasi baik ke masyarakat maupun generasi muda dengan sasaran tingkat pelajar di sekolah menengah umum," jelasnya.

Dia mengingatkan seluruh orang tua untuk memperhatikan anaknya terutama usia dibawah umur agar tidak mempercayakan mengendarai kendaraan.

"Peran orang tua sangat besar dalam mengendalikan penggunaan kendaraan bagi anak di bawah umur karena potensi kecelakaan cukup besar dan tidak hanya merugikan dirinya sendiri namun juga dapat merugikan orang lain," ujarnya.

Kasatlantas mengimbau seluruh pengguna kendaraan di jalan raya agar benar-benar mematuhi aturan tertib berlalulintas mulai dari kelengkapan dokumen kendaraan dan pengguna serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021