Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghadirkan Komunitas Pajero Indonesia One dari beberapa chapter yang ada di wilayah Jabodetabek dan Sumatera untuk melaksanakan kegiatan Touring "Tour The Bangka".

"Kegiatan ini sudah diagendakan, kita sudah siap, namun ada terkendala mekanisme terkait surat yang akan disampaikan ke Pemerintah Kabupaten, dimana mereka akan melakukan kegiatan, karena masuk wilayah lain harus kirim surat dulu," kata Kepala Diskepora Babel, Suharto, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, pandemi COVID-19 yang belum juga usai hingga kini memberi dampak bagi berbagai sektor usaha, terutama untuk sektor pariwisata. Oleh karena itu, berbagai usaha dilakukan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata yang lumpuh. 

Kegiatan Tour The Bangka Komunitas Pajero Indonesia One ini sudah diagendakan dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel, dan persiapannya sudah sejak lama. Dan berdasarkan Agenda dari Komunitas ini ada beberapa hal yang harus ditambahkan.  

Baca juga: Dishub Babel audiensi bersama komunitas Pajero Indonesia

Sebelumnya Gubernur Babel, Erzaldi Rosman juga sudah menggelar rapat guna mensupport kegiatan Komunitas Pajero Indonesia ONE ini dalam rangka meningkatkan dan menggiatkan kembali Wisata Babel ditengah masa pandemi COVID-19.

Acara tersebut dimaksudkan untuk kembali mempromosikan pariwisata Bangka. Adapun destinasi wisata yang dikunjungi diantaranya, Danau Kaolin, Tanjung Krasak, Puri Tri Agung, Pantai Penyusuk, Pulau Putri, Aik Bedelew dan Galery PLUT UMKM Babel. 

"Atas arahan Gubernur, Komunitas ini nantinya diarahkan untuk berbelanja di PLUT UMKM Babel, setelah itu mereka akan melakukan Fun Ofroad, namun setelah berkoordinasi, kita menyarankan agar menggunakan lapangan exs MXGP yang ada dibelakang GOR," ujarnya.

Suharto juga menekankan kepada Komonitas Pajero Indonesia One agar dapat berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Babel, jangan hanya Diskepora saja. 

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan ini, nantinya pariwisata Babel akan dikenal oleh pihak luar, perekonomian juga dapat berpengaruh positif ditengah pandemi COVID-19 ini.

‘"Saya mewakili Gubernur sangat bangga, semua Komunitas harus dirangkul karena merekalah yang akan mempromosikan pariwisata kita nantinya," harapnya.

Ketua Umum Komunitas Pajero Indonesia One Chapter Bangka, Aay Ruhiyat mengatakan, Komunitas Pajero Indonesia One yang akan melakukan Tour The Bangka nantinya juga akan melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial dan melakukan pengukuhan pengurus Chapter Bangka sekaligus meresmikan perwakilan Chapter Bangka. 

"Kami datang ke sini dengan tujuan untuk mengenal wisata Bangka dan membangkitkan lagi pariwisata di Babel, khususnya ekonomi yang terkena dampak Pandemi COVID-19," ujarnya. 

Selain mengadakan touring, pihaknya juga akan melakukan bhakti sosial yang akan dipusatkan di Koba dan Toboali, ada juga Fun Ofroad, setelah itu rombongan akan menuju Tanjung Pesona untuk melaksanakan acara pengukuhan.

"Kami juga akan berkolaborasi dengan UMKM untuk mengenalkan produk-produk asli Babel kepada seluruh peserta," ujarnya.

Rombongan menuju Bangka dengan jumlah estimasi sebanyak 60 sampai dengan 100 mobil dari berbagai wilayah di Jawa dan Sumatera.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung dari 11-13 Maret 2021 sejauh ini persiapan terus dilakukan dengan seluruh pihak-pihak terkait lainnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021