Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sampai hari ini sebanyak 330 orang.

"Untuk hari ini terjadi penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 23 orang, terdiri dari 12 orang dari Kecamatan Mentok, satu orang dari Tempilang dan 10 orang dari warga Jebus, secara keseluruhan 330 orang yang dinyatakan sembuh," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Jumat.

Ia menjelaskan, di antara 23 orang yang dinyatakan sembuh pada hari ini terdapat lima orang yang sebenarnya baru keluar hasil pemeriksaan tes usap dari laboratorium yang menyatakan mereka positif COVID-19.

Namun karena hasil yang dikonfirmasi pihak laboratorium melebihi masa isolasi yang dijalani para pasien tersebut dan tidak ada gejala yang ditemukan, maka mereka langsung dinyatakan sembuh atau selesai menjalani isolasi.

"Lima pasien tersebut berasal dari Kecamatan Tempilang dan Mentok, masing-masing Vd perempuan (9), Na perempuan (21), Ma laki-laki delapan bulan, Ai perempuan (3) dan nyonya Si (53)," katanya.

Selama masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat ditemukan kasus pasien positif virus corona jenis baru sebanyak 355 orang, 330 orang dinyatakan sembuh, enam orang meninggal dunia dan 19 orang masih menjalani perawatan atau isolasi di Wisma Karantina Pemkab Bangka Barat.

"Sampai saat ini kami masih terkendala dalam pemeriksaan sampel tes usap di laboratorium karena keterbatasan peralatan yang ada, untuk itu kami harapkan kepada warga yang memiliki riwayat kontak erat dengan para pasien positif untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan saat menjalani isolasi mandiri," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021