Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Daerah Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan patroli dialogis kepada warga pesisir di Kecamatan Muntok guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Patroli dialogis rutin kami lakukan untuk menjaga situasi tetap kondusif dan warga bisa menjalankan aktivitas dengan aman, nyaman dan tertib," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat AKP Chandra Wijaya di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan, patroli dialogis dilakukan untuk mengeratkan hubungan silaturahim personel Satpolair dengan warga, sekaligus untuk memberikan sosialisasi agar warga ikut berperan aktif dalam menjaga lingkungan masing-masing.

"Sosialisasi ini kami harapkan warga semakin aktif memberikan berbagai informasi, baik di lingkungan tempat tinggal mau pun situasi saat bekerja di laut agar memudahkan kami dalam menjaga kamtibmas," katanya.

Selain itu, dalam kegiatan bersama tersebut pihaknya juga menyisipkan pesan agar warga tetap menjalankan aturan kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

"Kegiatan seperti ini juga kami manfaatkan untuk menyampaikan pesan agar warga bisa ikut mencegah masuknya terorisme, radikalisme, narkoba, penangkapan ikan dengan alat tangkap berbahaya dan tindak pidana pelayaran lainnya," kata Chandra.

Pihaknya juga mengimbau nelayan apabila menggunakan sarana perahu atau jukung agar melengkapi dengan alat-alat keselamatan seperti life jacket, alat komunikasi, pelampung, lampu dan lainnya.

"Jika menemukan adanya aktivitas mencurigakan, cepat informasikan ke petugas agar bisa segera ditindaklanjuti," katanya.  

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021