Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan sosialisasi pentingnya tertib berlalu lintas di kalangan pelajar untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

"Kesadaran tertib berkendara saat di jalan raya perlu ditingkatkan, kami berharap mereka semakin taat aturan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bangka Barat Iptu RTA. Sianturi di Mentok, Sabtu.

Ia menjelaskan sosialisasi dilaksanakan di sejumlah sekolah di daerah itu, seperti yang dilaksanakan pada Jumat (19/3) di SMK Negeri 1 Mentok.

Pada kesempatan itu, Kasatlantas Sianturi memberikan penyuluhan agar para siswa tertib berkendara dan memahami etika saat menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya.

Selain itu, mereka juga diwajibkan untuk melengkapi berbagai kelengkapan kendaraan sesuai dengan standar, agar selamat dalam berkendaraan.

"Kami juga melarang penggunaan knalpot racing atau brong karena mengganggu ketertiban dan penggunaan knalpot jenis itu akan memicu terjadinya kebut-kebutan di jalan raya," katanya.

Hasil yang ingin dicapai melalui safari tertib berlalu lintas tersebut yaitu para pelajar memahami aturan berlalu lintas dengan baik dan selalu mengutamakan keselamatan.

Hal tersebut dilakukan guna meminimalkan terjadinya pelanggaran dalam berkendara, khususnya bagi para pengendara yang masih duduk di bangku SMA.

Kegiatan positif tersebut akan terus dilakukan Satlantas Polres Bangka Barat bersama Kodim 0431/BB guna meningkatkan kedisiplinan pelajar terhadap berbagai aturan dan akan terus dilaksanakan di beberapa sekolah tingkat atas di Kabupaten Bangka Barat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021