Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 499 pasien COVID-19 di daerah itu dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan dan masa karantina secara intensif.

"Berdasarkan data yang ada, jumlah pasien COVID-19 yang selesai menjalani masa isolasi atau sembuh sebanyak 499 orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, dengan jumlah kesembuhan tersebut, kasus positif COVID-19 di Kabupaten Belitung sejak Maret 2020 mencapai 551 orang, 499 orang sembuh dan 18 orang meninggal dunia.

"Sehingga kasus aktif positif COVID-19 di Belitung sekarang ini tersisa 34 kasus," ujarnya.

Joko menambahkan dari 34 orang pasien positif COVID-19 tersebut, 22 orang diantaranya menjalani perawatan di RSUD Marsidi Judono Belitung, enam orang di pusat isolasi COVID-19 SKB Tanjung Pandan dan enam orang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan Dinas Kesehatan setempat.

Ia berharap masyarakat tidak kendur mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan (4M).

"Meskipun sudah ada vaksin, kami harapkan masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan karena kunci memutus mata rantai penyebaran COVID-19 adalah disiplin dalam menjalankan prokes," kata Joko.

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021