Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 jenis Sinovac kelompok lanjut usia (lansia) dosis pertama di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sampai dengan hari ini tercatat sudah mencapai 2.704 orang dari total sasaran mencapai 19.610 orang. 

Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Jumat mengatakan 2.704 orang lanjut usia yang menerima vaksin dosis pertama tersebut berasal dari delapan atau semua wilayah kecamatan.

"Saya berharap vaksinasi pada kelompok lanjut usia baik di dosis pertama yang masih dilakukan maupun di dosis kedua nantinya dapat tercapai sesuai jumlah target sasaran," katanya.

Guna mempermudah akses jangkauan dan pertimbangan lainnya kata dia, pelaksanaan vaksinasi kelompok ini dipusatkan di masing-masing puskesmas di wilayah kecamatan atau kelurahan.

"Sebelumnya pelaksanaan vaksin lanjut usia dipusatkan di dinas kesehatan, namun dengan pertimbangan akses jangkauan kemudian dialihkan di masing-masing puskesmas terdekat," jelas Boy Yandra.

Sementara berdasarkan data vaksinasi COVID-19 Kabupaten Bangka tercatat vaksinasi kelompok SDM kesehatan pada dosis pertama sebanyak 3.140 orang sementara vaksin dosis kedua sebanyak 3.052 orang.

Untuk vaksinasi kelompok pelayanan publik yang sudah dilaksanakan vaksin dosis pertama sebanyak 1.598 orang dan dosis kedua sebanyak 1.502.

"Turunya jumlah peserta vaksin di dosis kedua baik di kelompok SDM kesehatan maupun pelayanan publik karena saat pelaksanaan vaksin yang bersangkutan mengalami gangguan kesehatan yang tidak memungkinkan mendapatkan vaksin COVID-19," ujarnya.

Boy Yandra mengimbau dengan diberikan vaksin COVID-19, dapat meningkatkan kekebalan tubuh penerima vaksin serta mampu menekan angka kasus penyebaran virus jenis baru corona.

"Disiplin menerapkan protokol kesehatan tetap harus dilakukan meskipun sudah mendapatkan pelayanan vaksin mengingat masih dapat terinfeksi virus," kata jubir. 

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021