Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) RI bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar program cerita wastra tingkat provinsi, dengan melibatkan Dinas Koperasi dan UMKM serta Dekranasda di masing-masing provinsi.

"Kegiatan yang digelar secara daring ini bertujuan untuk memperkenalkan wastra atau kain tradisional dalam bentuk kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elfiyena, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, seluruh masyarakat khususnya para wanita dapat mengikuti perlombaan ini hanya dengan berfoto menggunakan kebaya dan kain khas daerah, sambil bercerita singkat tentang kearifan lokal atau sejarah tentang kain yang digunakan.

Hasil foto dan cerita diunggah langsung ke akun media sosial (FB, IG, Twitter) masing-masing, kemudian mention dan tag akun @Kemenkopukm @dekranasdababel dan @akunpengrajinkainyangdigunakan, tambah tagar #kemenkopukm #dekranas #ceritawastra #wastrabangkabelitung #dekranasdababel.

Cerita Wastra tidak berhenti di kompetisi foto di sosial media saja, cerita wastra bekerjasama dengan Kemendikbud menghasilkan video dokumenter mengenai perajin wastra Indonesia hingga busana nasional, pembuatan film dokumenter perajin wastra khusus di destinasi pariwisata super prioritas.

"Perlombaan ini sudah dibuka sejak 25 Maret dan akan ditutup pada 07 April 2021. Masyarakat diharapkan dapat mengikuti perlombaan ini agar dapat ikut serta mengangkat potensi kerajinan daerah. Peserta tidak dibatasi dan beragam hadiah sudah dipersiapkan oleh Kemenkop dan UKM RI serta Dekranasda Babel," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021