Kapolres Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung AKBP Widi Haryawan melalui Kabag Ops Kompol Ricky Dwiraya Putra menyatakan pelaksanaan perayaan Jumat Agung oleh umat Katolik di daerahnya berjalan terbit, aman dan lancar.

"Saya memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka yang mendukung pelaksanaan ibadah Jumat Agung pada 2 April 2021 sehingga terciptanya suasana yang aman tertib dan lancar," katanya di Sungailiat, Jumat.

Pengamanan pelaksanaan Jumat Agung disejumlah gereja kata dia, pihaknya menerjunkan sebanyak 146 personel polisi dengan melibatkan TNI dan Satpol PP daerah setempat, guna memberikan rasa aman bagi umat Katolik yang sedang menjalankan perayaan keagamannya.

"Personel polisi disatuan sektor diterjunkan untuk melakukan kegiatan pengamanan serupa di gereja yang ada di wilayahnya masing-masing," katanya.
 
Menurutnya, pelayanan pengamanan untuk memberikan  jaminan kenyamanan dan keterbitan masyarakat terutama umat Katolik dijadwalkan mulai tanggal 1 sampai 5 April 2021.

"Meskipun wilayah Kabupaten Bangka yang terdiri dari sejumlah suku dan agama serta terjalin harmonisasi yang cukup baik antar umat beragama, namun polri tetap memberikan pelayanan perlindungan keamanan dengan baik dan maksimal," jelasnya.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali untuk memperkuat sinergitas agar terwujud kondisi keamanan dan ketertiban di masyarakat secara berkelanjutan.

"Masyarakat mempunyai peranan besar dalam mewujudkan kamtibmas, dan diharapkan segera melapor ke aparat desa atau kepolisian terdekat jika mengetahui dugaan gangguan keamanan, jangan main hakim sendiri yang dapat merugikan dirinya maupun orang lain," ujar Ricky.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021