Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat 4.613 warga di daerah itu kontak erat dengan pasien positif COVID-19.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Rabu, mengatakan mereka yang tercatat sebagai kontak erat pasien COVID-19 itu tersebar di delapan kecamatan.

"Dari ribuan warga yang terdata kontak erat itu, semuanya sudah menjalani 'swab' (tes usap) dan yang dinyatakan positif langsung mendapatkan perawatan kesehatan di balai karantina," katanya.

Warga yang masih menunggu hasil tes usap dari laboratorium kesehatan di provinsi, kata dia, 167 orang.

"Kita berharap hasil tes 'swab' bagi ratusan warga tersebut dinyatakan negatif sehingga angka kasus positif dapat berkurang," katanya.

Hingga saat ini, jumlah total pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka yang tersebar di delapan kecamatan 2.412 orang, 2.264 orang dinyatakan sudah sembuh serta 33 pasien COVID-19 meninggal dunia.

"Saya ingatkan terus kepada masyarakat supaya tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai antisipasi awal mencegah dan memutus rantai penyebaran virus yang belum ditemukan obatnya," kata Boy Yandra.

Sebaran kasus COVID-19 terbanyak di Kecamatan Sungailiat mencapai 1.050 orang dengan 999 orang sembuh dan 14 pasien COVID-19 meninggal dunia, sedangkan terendah di Kecamatan Bakam 38 kasus, 34 sembuh, dan satu pasien meninggal dunia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021