Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun pojok baca digital di RSUD Selawang Segantang untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Kita sudah siapkan untuk tahap awal sebanyak 300 jenis buku elektronik yang bisa akses masyarakat secara digitali," kata Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian usai meresmikan pojok baca digital tersebut, Senin.

Ia menjelaskan sejumlah perangkat lunak sudah disediakan untuk melayani masyarakat yang memiliki kemauan untuk membaca di antaranya beberapa unit komputer, akses internet dan aplikasi Arsip Beriman yang memudahkan pengunjung mengakses sejumlah buku digital.

"Tentu pojok baca digital ini bagian dari bentuk inovasi yang mengikuti perkembangan teknologi di era digitalisasi," ujarnya.

Kakak kandung Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan itu juga berharap pojok baca digital mampu menumbuhkan minat baca masyarakat terutama di kalangan milenial.

"Era digitalisasi memang mengharuskan kita untuk terus berinovasi ke arah yang lebih baik, termasuk pola membaca dan fasilitas pendukungnya," ujarnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah, Budi Utama mengatakan pembangunan pojok baca digital merupakan program strategis di dinas yang dipimpinnya.

"Untuk saat ini kita bangun pojok baca digital di RSUD Selawang Segantang, ke depan akan kita bangun di beberapa tempat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021