Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meluncurkan aplikasi sistem informasi tata ruang dan bangunan gedung swakelola secara digital.

"Peluncuran aplikasi ini mengikuti perkembangan teknologi digitalisasi, untuk memudahkan masyarakat mengakses semua program pembangunan terutama terkait tata ruang dan gedung swakelola," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman usai meluncurkan aplikasi tersebut di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah meluncurkan dua aplikasi elektronik yang bisa diakses secara mudah oleh masyarakat yaitu aplikasi sistem informasi tata ruang (Sitaru) dan sistem informasi bangunan gedung swakelola (Sibagus).

"Masyarakat bisa mengakses alamat http://sitaru.bangkatengkahkab.go.id untuk mendapatkan berbagai informasi terkait program pembangunan tata ruang dan pembangunan gedung swakelola," ujarnya.

Ia mengatakan, peluncuran aplikasi tersebut juga bagian dari bentuk transparansi pemerintah kepada publik terkait program pembangunan.

"Terus berinovasi di bidang teknologi digitalisadi juga bagian dari pelayanan publik, dalam rangka menciptakan Bangka Tengah semakin unggul," ujarnya.

Ia mengatakan, peluncuran dua aplikasi elektronik yaitu Sitaru dan Sibagus merupakan kerjasama antara Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang dengan Diskominfosta Bangka Tengah.

"Tentu saja aplikasi ini terus dikembangkan sehingga ke depan berpengaruh terhadap investasi daerah, karena tata ruang merupakan pintu terbaik investasi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021