Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat sektor perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

"Sektor perikanan tetap menjadi andalan kami sebagai kabupaten yang secara geografis merupakan masuk ke dalam wilayah kemaritiman," kata Bupati Belitung Timur Burhanuddin di Manggar, Selasa.

Pemerintah daerah setempat sudah menyiapkan terobosan baru untuk membangun sektor perikanan yaitu program "Nguppi" atau "ngelakar untuk pembangunan perikanan".

"Melalui program Nguppi ini kita kumpulkan para pelaku usaha perikanan, sambil berdiskusi dan membahas berbagai persoalan perikanan serta mencari solusi untuk peningkatan hasil usaha dan kesejahteraan mereka," ujarnya.

Ia mengatakan, dalam membangun sektor perikanan dibutuhkan sejumlah inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

"Membangun sektor perikanan tidak hanya fokus kepada hasil tangkap ikan, tetapi juga pengembangan industri perikanan," ujarnya.

Zulhaidir, seorang pengusaha perikanan di Manggar mengatakan, khusus para nelayan saat ini membutuhkan dermaga tambatan perahu untuk memudahkan bongkar muat hasil tangkapan.

"Memang saat ini sudah ada TPI Manggar, tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh nelayan karena fasilitas pedukung yang belum memadai," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021