Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Bangka Belitung (Babel), mengagendakan rapat koordinasi untuk mengevaluasi pendistribusian beras miskin gratis (Raskintis) kepada warga kurang mampu daerah itu.

"Rakor ini dilakukan secara rutin dalam per triwulan untuk mengevaluasi penyaluran raskintis kepada 32.151 jiwa rumah tangga sasaran (RTS)," kata Kepala BPMPD Babel, Syafruddin di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, kegiatan rakor per triwulan ini karena banyaknya laporan dan masalah dalam penyaluran raskintis di masyarakat.

Misalnya, penyaluran raskintis yang salah sasaran, masih banyak ditemukan warga mampu secara ekonomi terdaftar penerima manfaat raskintis.

Warga yang sudah meninggal atau pindah ke daerah lain masih terdaftar sebagai penerima manfaat raskintis, keluhan kualitas beras, jumlah jatah beras dan ketepatan penyaluran raskintis kepada masing-masing RTS.

"Dengan adanya rakor evaluasi penyaluran raskintis ini dapat memperbaiki data penerima dan mekanisme penyaluran beras yang lebih cepat," ujarnya.

Pada kegiatan rakor nanti, kata dia, pihaknya akan mengundang BPMPD di masing-masing kabupaten/kota, Bulog dan pihak BPS Babel.

"Masalah yang selama ini terjadi tentu lebih jelas dan penyelesaian masalah dalam penyaluran raskintis ini tentu lebih cepat, karena dihadiri semua pihak penyelenggara raskintis ini," ujarnya.

Menurut dia, setiap tahun masalah yang sama dalam penyaluran raskintis ini terus terjadi, karena masih kurangnya koordinasi antarpihak.

"Mudah-mudahan dengan adanya rutinitas rakor setiap triwulan ini, masalah-masalah raskintis tidak ada lagi dan penyaluran beras lebih tepat sasaran, tepat waktu dan jumlah serta kualitas beras yang diterima sesuai standar yang ditetapkan," ujarnya.  
    
Jumlah RTS di Babel sebanyak 32.151 jiwa rumah tangga sasaran (RTS) yang tersebar di kabupaten/kota dengan rincian RTS di Kabupaten Bangka 9.182 orang, Bangka Barat 4.744 orang, Bangka Tengah 6.972 orang, Bangka Selatan 5.512 orang.

Selanjutnya, RTS di Kabupaten Belitung sebanyak 623 orang, Belitung Timur 1.228 orang dan RTS di Kota Pangkalpinang sebanyak 5.512 orang dan masing-masing RTS mendapatkan jatah beras 15 kilogram beras per bulan secara gratis.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015