Kegiatan Operasi Pasar oleh Dinas Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUMPTK) Kabupaten Belitung menjual daging ayam seharga Rp38 ribu per kilogram.

Kepala Bidang Usaha Perdagangan DKUKMPTK Belitung, Rita Yuliani di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan harga daging ayam yang dijual tersebut lebih rendah jika dibandingkan harga ayam di pasaran yakni mencapai Rp42 ribu per kilogram.

"Jadi ada selisih sekitar Rp4 ribu per kilogram untuk ayam potong yang dijual dalam kegiatan Operasi Pasar kali ini," katanya.

Ia menambahkan, operasi pasar tersebut dilaksanakan guna menstabilkan dan mengantisipasi kenaikan harga daging ayam menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Sedangkan pedagang yang dilibatkan dalam operasi pasar tersebut, lanjut Rita, merupakan binaan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung melalui program Bagi Bibit Gratis Untuk Kampung (Baguk).

"Ada sebanyak 100 kilogram daging ayam yang disiapkan mereka merupakan binaan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung melalui program "Baguk"," ujarnya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah bersama Satgas pangan setempat juga melakukan antisipasi terhadap kenaikan harga ayam menjelang Idul Fitrri 1442 Hijriah.

"Kami prediksi kenaikan harga ayam potong mencapai Rp45 ribu per kilogram dan daging sapi Rp140 per kilonya jika terjadi kenaikan harga di atas itu maka kami akan melakukan operasi pasar kembali," kata Rita.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021