Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan lima posko untuk mendukung kegiatan Operasi Ketupat Menumbing 2021.

"Kami berharap kehadiran polisi di tengah masyarakat ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, lima posko tersebut masing-masing didirikan di Kecamatan Jebus dan Kelapa sebagai pos pengamanan, di Kecamatan Mentok pos terpadu, pos pantau di Simpang Ibul, dan satu pos pelayanan di Pelabuhan Tanjungkalian.

"Operasi Ketupat 2021 dilaksanakan selama 12 hari, mulai Kamis (6/5) serentak di seluruh Indonesia," katanya.

Untuk mendukung pelaksanaan operasi rutin tahunan menjelang Idul Fitri tersebut, hari ini Polres Bangka Barat telah menggelar apel gabungan persiapan bersama seluruh instansi terkait.

Pada kegiatan tersebut, Kapolres menyampaikan gelar pasukan yang dilaksanakan hari ini merupakan pengecekan akhir sebelum pelaksanaan operasi pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pemeriksaan persiapan dilakukan kepada seluruh personel yang terlibat, sarana prasarana pendukung dan keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

"Sasaran pengamanan dalam operasi ini adalah orang maupun aktivitas masyarakat menjelang perayaan Idul Fitri dan menyukseskan instruksi pemerintah terkait larangan mudik lebaran," katanya.

Untuk selanjutnya, Polres Bangka barat akan menggencarkan patroli gabungan untuk memastikan tidak terjadi kerumunan di pusat perekonomian dan keramaian sekaligus lakukan imbauan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kepada seluruh personel kami sampaikan selamat bertugas, dan mengimbau kepada seluruh warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan setiap aktivitas, karena tanpa mematuhi protokol kesehatan akan menyulitkan usaha bersama menjadikan Bangka Barat kembali ke zona hijau penyebaran COVID-19," katanya.

Selain itu dia menegaskan agar masyarakat menahan diri tidak melaksanakan mudik mulai 6 hingga 17 Mei 2021.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021