Sebanyak 166 ekor sapi kebutuhan Idul Fitri 1442 Hijriah yang didatangkan dari Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur tiba di Pelabuhan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Suparman di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan ratusan sapi tersebut dipersiapkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Mudah-mudahan dengan adanya kedatangan sapi ini serta tambahan lagi pada Sabtu (8/5) bisa mencukupi kebutuhan masyarakat khususnya di Kabupaten Belitung," katanya.

Dia memastikan, ketersediaan sapi potong di daerah itu cukup guna memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dijelaskannya, selain dari Pulau Madura sebanyak 45 ekor sapi kebutuhan lebaran yang didatangkan dari Pangkalpinang akan segera tiba di daerah itu pada, Sabtu (8/5) mendatang.

"Berdasarkan pemantauan pada kemarin H-8 lebaran itu jumlah stok sapi yang ada di sekitar Tanjung Pandan yaitu sapi dalam keadaan siap dipotong sejumlah 70 ekor," ujarnya.

Menurut dia, kenaikan harga sapi yang terjadi dalam waktu dekat ini disinyalir disebakan oleh beberapa faktor diantaranya naiknya harga anakan sapi di sejumlah penangkaran.

"Kenaikan ditempat penangkar sapi baik dari Lampung maupun Madura harga anakan mengalami peningkatan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021