Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memaksimalkan pengawasan warga negara asing (WNA) di daerah itu guna mencegah sebaran varian virus COVID-19 jenis baru.

"Pengawasan aktivitas WNA harus benar-benar dimaksimalkan guna mencegah terjadinya sebaran COVID-19 varian baru," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Kamis dalam rapat koordinasi pemantuan orang asing.

Dikatakan, meskipun terdata WNA dari berbagai negara di Kabupaten Bangka hanya sebanyak 88 orang yang bekerja di sejumlah sektor, namun tetap harus diawasi secara berkelanjutan oleh tim terpadu yang melibatkan berbagai unsur di lapangan.

"Meskipun angka WNA tidak mencapai 100 orang atau terbilang relatif sedikit, tetapi keberadaannya tetap harus mendapat pengawasan tim terpadu," kata Mulkan.

Pengawasan tidak hanya mencegah penyebaran COVID-19 namun kata bupati, pengawasan diperlukan untuk mengantisipasi tindak pelanggaran hukum lainnya.

"Tim terpadu yang melibatkan sejumlah lembaga terkait, memiliki beban tugas yang cukup berat karena menjaga keselamatan masyarakat baik di segi kecelakaan maupun keselamatan dari virus COVID-19," katanya.

Bupati menyarankan agar tim terpadu tetap mampu menjaga kekompokan dan membangun sinergitas dengan pihak kompeten lainnya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021