Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng para pengurus masjid untuk ikut aktif menyosialisasikan kebijakan larangan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Kami ingin para pengurus masjid ikut aktif memberikan sosialisasi ke masyarakat guna membantu upaya bersama mencegah penyebaran virus sekaligus mengakhiri pandemi COVID-19," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Jumat.

Menurut dia, patuh terhadap larangan mudik Lebaran tahun ini merupakan kebijakan yang terpaksa diambil pemerintah untuk mencegah penyebaran virus agar tidak semakin meluas.

"Bangka Barat saat ini jumlah kasus cukup tinggi dan pasien yang terpaksa harus menjalani isolasi juga semakin meningkat, untuk itu mari bersama-sama mendukung kebijakan tersebut," katanya.

Selain tidak melaksanakan mudik lebaran, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, dan mengurangi mobilitas.

Menurut dia, protokol kesehatan itu perlu dilakukan karena merupakan pola atau strategi dalam melawan penularan virus corona jenis baru.

"Ibarat dalam perang kita perlu strategi, saat ini kita juga sudah menemukan strategi untuk melawan pandemi yaitu dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Hal ini disampaikan Kapolres Fedriansah saat bertatap muka dengan pengurus masjid dan warga dalam safari di Masjid Al Hidayah Sungaibaru, Mentok.

Pada kegiatan itu, ia juga mengimbau jamaah selalu mematuhi protokol kesehatan tata cara beribadah dan selalu memakai masker sebagai bentuk ikhtiar agar tetap diberikan kesehatan.

"Kita tidak boleh meremehkan COVID-19, jangan sombong dan abai protokol kesehatan," katanya.

Fedriansah mengharapkan dalam pelaksanaan Shalat Idul Fitri nanti dilakukan persiapan matang agar aman, sehat, dan selamat.

"Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang selama ini sudah membantu menciptakan kamtibmas dan mari kembali ikut berperan aktif menahan diri tidak mudik Lebaran, kita juga masih bisa menjalin silaturahim dengan keluarga memanfaatkan virtual yang ada," katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyerahkan bantuan sembako berupa 50 paket beras dan masker kepada jamaah Masjid Al-Hidayah.

"Pola sosialisasi seperti ini tetap akan terus kami lakukan dari masjid ke masjid yang ada di seluruh wilayah hukum Polres Bangka Barat agar semakin banyak warga yang sadar dan patuh terhadap protokol kesehatan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021