Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung akan memperbaiki sejumlah irigasi di daerah itu guna mendorong peningkatan kesejahteraan petani sekaligus meningkatkan produksi pangan.

"Akan ada perbaikan bangunan di sejumlah irigasi persawahan di beberapa lokasi yang bertujuan untuk membantu petani dalam mengolah lahan pertaniannya, terutama bagi para petani di pedesaan yang sering kekurangan air," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka, Meinalina di Sungailiat, Rabu.

Menurutnya, perbaikan bangunan irigasi tersebut akan dilakukan di kecamatan Puding Besar yakni Desa Saing, Desa Tanah Bawah, Desa Nibung dan Desa Labu.              
    
Kemudian di Kecamatan Riau Silip perbaikan akan dilakukan di Desa Banyuasin dan Desa Pangkalniur, dan Kecamatan Mendobarat dengan Desa Penagan dan Desa Kemuja.

Ia mengatakan, untuk melakukan perbaikan tersebut pihaknya akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), sementara tambahan DAK sebesar Rp16 miliar akan dimanfaatkan untuk perbaikan saluran irigasi di Desa Mendo, Desa Zed, Desa Kemuja, dan Desa Paya Benua.  
    
Ia berharap dengan adanya perbaikan tersebut akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan air irigasi sehingga hasil produksi padi para petani akan semakin membaik.

"Dengan adanya perbaikan berbagai saluran irigasi tersebut diharapkan bisa lebih meningkatkan produktivitas pertanian serta dapat lebih menyejahterakan para petani setempat," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk juga berperan serta dengan menjaga dan merawat saluran irigasinya agar awet dan bisa digunakan sebagaimana mestinya demi kepentingan mereka bersama.

"Setelah diperbaiki nanti diharapkan dukungan penuh dari masyarakat agar bersama-sama dapat menjaga saluran irigasi tersebut supaya dapat dinikmati manfaatnya bersama untuk jangka waktu yang panjang," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015