Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syiful Zohri menyarankan warga lanjut usia yang memiliki kendala kesehatan agar tidak ikut Shalat Id berjamaah di masjid.

"Saya sarankan seluruh lansia terutama yang mengalami kendala kesehatan hendaknya jangan melakukan Shalat Id atau Idul Fitri di masjid guna mencegah penyebaran COVID-19," katanya di Sungailiat, Selasa.

Dikatakan, selain warga lansia  yang disarankan Shalat Id di rumah, untuk orang tua juga tidak membawa anak kecil saat shalat di masjid guna menghindari kerumunan orang.

"Bagi lansia yang mengalami masalah kesehatan dan anak-anak untuk sementara jangan dulu ke masjid, mengingat kondisi penyebaran COVID-19 mengalami peningkatan," ujarnya.

Syaiful Zohri mengingatkan seluruh pengurus masjid yang menyelanggaran sholat Idul Fitri, harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan sabun, mewajibkan jamaah memakai masker dan mengatur jarak shaf shalat.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat berperan membantu pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona yang terjadi lebih dari satu tahun," ujarnya.

Menurutnya, pencegahan penyebaran COVID-19 harus dilakukan terpadu semua lapisan masyarakat mengingat sebaran kasus sudah merata di semua wilayah kecamatan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021