Satuan gugus tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan terdapat 313 orang di daerah itu menjalani isolasi proses pemulihan kesehatan karena aktif COVID-19.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan, 313 orang yang menjalani isolasi itu sudah termasuk dengan isolasi mandiri pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

"Ratusan kasus aktif berdasarkan data tersebut mengalami penambahan jumlah kasus sebanyak 49 yang tersebar beberapa di wilayah kecamatan," ujarnya.

Dikatakan, kelompok jenis dari 49 temuan kasus hari ini adalah perempuan sebanyak 28 orang dan laki-laki 21 orang, diketahui terdapat seorang bayi inisial A usia 26 hari jenis kelamin perempuan serta  dua anak balita inisial Fa (1.5) laki-laki dan K (2) laki-laki.

Kumulatif kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka mencapai 3.243 orang,2.877 orang sudah sembuh, 53 meninggal dunia,5.395 warga diketahui kontak erat dengan pasien COVID-19.

Untuk menekan sebaran kasus COVID-19 pada perayaan Idul Fitri 1442 H, Boy Yandra mengingatkan pengurus masjid menerapkan prokes pelaksanaan sholat Ied, jamaah diharuskan memakai masker, menjaga jarak dan membawa sajadah sendiri.

"Seluruh jamaah harus diukur suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk barisan shaf sholat," jelasnya.

Dia menyarankan jika terdapat warga yang mengalami gangguan kesehatan  segera dibawa ke pusat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan layanan perawatan tim medis.

"Disiplin prokes harus ditingkatkan semua pihak, mengingat kasus aktif setiap harinya masih ditemukan," kata Boy Yandra.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021