Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, mempertimbangkan usul warga untuk menggelar kegiatan "car free day" atau hari tanpa kendaraan di salah satu lokasi strategis Kota Muntok.

"Kami memberikan apresiasi positif kepada warga yang mengusulkan agar pemkab bisa memfasilitasi kegiatan itu, kami harapkan acara itu bisa direalisasikan dalam waktu dekat," ujar Bupati Bangka Barat Zuhri M Syazali di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan "car free day" memang perlu digelar untuk memberikan ruang hiburan baru bagi masyarakat sekaligus sebagai tempat berkumpul dan berolah raga bersama-sama.

Selain itu, menurut Zuhri, kegiatan tersebut diyakini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan industri kreatif dan usaha kecil dan menengah.

"Kami yakin adanya hari tanpa kendaraan secara berkala akan menumbuhkan ekonomi kreatif masyarakat di sekitar lokasi, bahkan warga dari kecamatan lain juga akan termotivasi untuk membuka usaha lain di lokasi tersebut," kata dia.

Untuk mewujudkan gagasan tersebut, katanya, ia akan segera memanggil dinas terkait untuk segera menyusun perencanaan agar kegiatan seperti itu bisa dilaksanakan secara berkala.

"Jika pun tidak bisa, kami akan cari solusi lain, mungkin dengan kegiatan sejenis namun berbeda bentuk tampilannya, yang pasti kami mendukung kegiatan seperti itu," kata dia.

Hal ini dikatakan Zuhri menanggapi usulan dari warga Muntok akan perlunya pemkab setempat memfasilitasi kegiatan "car free day" untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif di daerah itu, seiring menurunnya tingkat ekonomi masyarakat setempat akibat lesunya sektor pertambangan.

Menurut Andi, di daerah lain, kegiatan "car free day" terbukti mampu menjadi salah satu penggerak ekonomi kecil dan ekonomi kreatif karena kegiatan rutin tersebut menjadi salah satu tempat berkumpulnya ribuan warga.

"Kami yakin usaha kecil dan menengah akan terbantu pemasarannya melalui acara seperti itu dan bukan tidak mungkin akan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah yang terletak ujung barat Pulau Bangka  tersebut," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015