Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pasien yang sembuh atau selesai isolasi pada Sabtu ini bertambah 32 orang sehingga secara keseluruhan menjadi 1.535 orang selama pandemi berlangsung.

"Jumlah keseluruhan pasien yang dinyatakan sembuh atau selesai isolasi sebanyak 1.353 orang dari 1.809 kasus yang ditemukan selama pandemi COVID-19," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Sabtu.

Ia menjelaskan sebanyak 32 pasien yang hari ini dinyatakan sembuh berasal dari Kecamatan Mentok 21 orang, Simpangteritip dua orang, dan dari Jebus sembilan orang.

Selain terjadi penambahan jumlah pasien sembuh, hari ini juga terdapat penambahan jumlah warga yang dinyatakan terpapar COVID-19 sebanyak 39 orang, berasal dari Mentok 18 orang, Simpangteritip satu orang, Jebus enam orang dan masing-masing tujuh orang dari Parittiga dan Tempilang.

"Untuk jumlah pasien yang masih wajib isolasi karantina dan perawatan saat ini sebanyak 252 orang, sedangkan jumlah pasien meninggal dunia masih tetap 22 kasus," ujarnya.

Menurut dia, jumlah penambahan kasus dalam seminggu terakhir masih melandai, namun masyarakat diminta tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, terutama bagi warga risiko tinggi.

Masyarakat perlu mematuhi protokol kesehatan dan menjalankan kebiasaan baru, seperti memakai masker saat berada di luar rumah, atau berkumpul, rajin cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala.

Menjaga jarak saat berada di tempat umum, menjauhi kerumunan karena semakin banyak dan sering bertemu orang, kemungkinan tertular virus semakin tinggi.

"Kurangi mobilitas jika tidak ada keperluan penting atau mendesak. Ingat virus corona jenis baru bisa menyebar dan menginfeksi seseorang dengan cepat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021