Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun kawasan edukasi pembudidayaan udang vaname, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat menjadi pembudidaya yang lebih profesional.

"Kawasan edukasi pembudidayaan udang vaname kita bangun di Desa Kurau Barat dan untuk tahap awal dibangun dua kolam induk dengan kapasitas 35 ribu bibit udang vaname sebagai media pembelajaran bagi para pembudidaya," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, dibangunnya kawasan edukasi pembudidayaan udang vaname itu menyikapi masih minimnya pengetahuan masyarakat terkait pola pembudidayaan udang kelas ekspor tersebut.

"Kami bangun di Kurau Barat yang merupakan desa pesisir dengan geografis yang cocok untuk tempat pembudidayaan udang vaname," ujarnya.

Ia menjelaskan, pembangunan dua kolam percontohan sebagai sarana pembelajaran itu dikelola secara berkelompok yang merupakan binaan Dinas Perikanan Bangka Tengah.

"Pembudidayaan udang vaname skala rakyat ini merupakan barang baru atau program baru di bidang perikanan budi daya, maka perlu disiapkan sumber daya manusia yang benar-benar mampu di bidang tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, selama ini pembudidayaan udang vaname dilakukan oleh sejumlah perusahaan berskala besar.

"Kita ingin masyarakat bisa diberdayakan dan berdaya guna, maka kita buat program pembudidayaan udang vaname skala kerakyatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021