Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklahsar) Amirah, Kelurahan Ampui menerima bantuan alat produksi dari PT Timah Tbk. Bantuan berupa mesin adonan dan juga pencincang daging ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan pemasaran kelompok ini.

Poklahsar Amirah tidak hanya memasarkan, namun juga membuat produk ampiang, tetapi juga memproduksi sarabi, bolu, empek empek, tekwan dan bakso Poklahsar terdiri dari enam orang anggota.

Untuk pemasaran produk makanan Poklahsar Amirah ternyata sudah menembus pasar internasional seperti ke Lebanon, Taiwan dan Dubai. Untuk di Indonesia sendiri produknya sudah tersebar ke Pulau Jawa dan lainnya. 

Ketua Poklahsar Amirah, Nurmayani mengatakan, penjualan produk kelompok Poklahsar sudah sampai keluar negeri tetapi karena keterbatasan alat dan anggota sehingga sedikit menghambat produksi makanan. 

"Selama ini produksi secara manual sehingga hanya bisa memproduksi sedikit- sedikit, tetapi karena bantuan PT TIMAH ini berupa alat pengaduk adonan bisa membuat produksi kami lebih cepat lagi," ujarnya di sela-sela penyerahan bantuan yang berlangsung di Kantor CSR PT Timah Tbk. 

Diakuinya, sejak pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada produksi makanan dan juga proses pengiriman yang cukup mahal. Hal ini juga berdampak signifikan terhadap omset penjualan mereka. 

"Disaat Covid-19 ini kami merasakan sakit sekali, tetapi sebelum Covid-19 ini hampir setiap hari kami mengirim ke ke Jakarta, Tanggerang dan Depok berupa empek- empek dan bolu. Covid ini juga mengakibatkan ongkos kirim yang mahal terkadang lebih mahal ongkos kirim dari pada biaya makanannya," sambungnya. 

Menurutnya, dengan adanya bantuan dari PT Timah ini produksi mereka bisa lebih ditingkatkan lagi. Karena selama ini hanya menggunakan peralatan manual. 

"Kami sangat mendoakan PT Timah jaya selalu, sukses, dengan adanya PT Timah di Bangka Belitung makin berkembang. Mungkin bukan hanya kami saja yang mendapat bantuan tetapi banyak juga yg mendapat bantuan," tutupnya. 

PT Timah Tbk dalam menyalurkan CSR nya memiliki berbagai program pemberdayaan masyarakat. Hal ini sebagai upaya perusahaan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dimana UMKM menjadi salah satu sektor yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat.

Selain program pemberdayaan, PT Timah juga memiliki beberapa program lainnya seperti program kemitraan untuk mendukung pelaku UMKM secara finansial dan pembinaan. Program-program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021