Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan sebanyak 600 orang disuntik vaksin COVID-19 dalam sehari guna mempercepat cakupan vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

"Sesuai instruksi dari Kementerian Kesehatan di bulan Juni kami harus melakukan penyuntikan vaksin kepada sebanyak 600 orang dalam sehari," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, dalam minggu ini pihaknya akan kembali menerima tambahan vaksin COVID-19 merek Sinovac sebanyak 240 vial atau 2.400 dosis dengan sasaran vaksinasi yaitu lansia dan petugas pelayan publik.

"Masih tahap ke dua ini untuk lansia dan pelayan publik namun penyuntikan akan difokuskan kepada lansia karena memang masih banyak yang belum disuntik namun petugas pelayan publik memang sudah banyak yang disuntik," ujarnya.

Joko menambahkan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tersebut ditargetkan selesai dalam waktu empat hari.

"Kami akan berusaha sekuat tenaga agar penyuntikan vaksin COVID-19 dapat selesai dalam waktu empat hari tersebut," katanya.

Dikatakan dia, pasalnya sampai dengan 31 Mei cakupan vaksinasi COVID-19 bagi para lansia di daerah itu baru mencapai 4,49 persen atau 879 orang.

"Jadi kami akan lebih fokuskan lagi untuk vaksinasi bagi lansia termasuk juga pra lansia sekarang sudah diperbolehkan menyuntik yang usianya sudah 50 tahun ke atas," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021