Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah mengajak seluruh pelaku industri pariwisata di wilayahnya bersinergi dengan pemerintah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Saya mengajak seluruh pelaku industri pariwisata menguatkan sinergi dengan pemerintah baik kabupaten maupun provinsi," katanya di Sungailiat, Babel, Rabu.

Dikatakan, sinergi industri pariwisata dan pemerintah daerah akan mempermudah pengembangan pariwisata dengan melibatkan masyarakat lokal.

"Saya berkeyakinan sektor pariwisata di Bangka Belitung mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia dan dibuktikan dari pengakuan UNESCO, bahwa Pulau Belitung masuk dalam kawasan geopark dunia, ada 17 objek," katanya. Negeri Laskar Pelangi itu dinilai memiliki keunikan geologis, biologis, dan budaya.

Ke-17 objek dinyatakan lulus sebagai anggota baru UGG, yaitu Juru Sebrang, Terong Tourism Village, Kuale Granite Mangrove Forest, Peramun Hill Granite Forest, dan Tanjung Kelayang Trias Granite.

Selanjutnya, Batu Bedil Trias Granite Rock, Nam Salu Open Pit, Lumut Hill, Batu Pulas Granite Rock, Cendil Heat Forest, Tebat Rasau Cenozoic Swamp, Burung Mandi Cretacious Granidiorite, Siantu Pillow Lava, Tajam Mountain, Baginda Rocks, Punai Beach, dan Garumedang Tektite.

Dia mengatakan peningkatan kualitas geopark di Pulau Belitung itu membuktikan sektor pariwisata Bangka Belitung masuk dalam taraf dunia.

"Saya sarankan pelaku pariwisata dapat mengembangkan inovasi atau kreasi yang memiliki nilai tinggi sehingga pengunjung tidak merasa bosan," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021