Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan penataan ulang pengelolaan parkir di Pasar Mentok agar semakin tertib dan pendapatan asli daerah semakin meningkat.

"Penataan ulang pengelolaan parkir ini kami harapkan bisa membuat pengunjung semakin nyaman sehingga pedagang juga semakin meningkat pendapatannya," kata Bupati Bangka Barat, Sukirman di Mentok, Jumat.

Untuk rencana penataan ulang perparkiran di Psara Mentok, Bupati Sukirman bersama Wakil Bupati Bong Ming Ming telah melakukan kunjungan dan berdialog dengan warga yang biasa beraktivitas di pasar tersebut.

Dalam dialog bersama pedagang dan warga di lokasi itu, para pejabat yang hadir menerima banyak masukan dan akan segera dicarikan solusi agar Pasar Mentok bisa semakin rapi, bersih, nyaman dan higienis.

"Tidak hanya masalah tata ulang parkir, namun juga secara keseluruhan akan kita carikan jalan keluar bersama agar Pasar Mentok bisa menjadi tempat berbelanja yang nyaman, aman, sehat dan tertib," kata Sukirman.

Dengan meningkatnya pelayanan dan kondisi pasar yang baik diyakini dapat menaikkan perekonomian para pedagang di lokasi itu.

"Kita juga meminta para pedagang dan siapapun yang beraktivitas di Pasar Mentok untuk bersama-sama menjaga kerapian pasar agar nyaman," katanya.

Dia juga berharap masyarakat tidak merasa terbebani dengan parkir setiap mau berbelanja di area sekitar pasar.

"Masyarakat yang mau berbelanja di Pasar Mentok cukup dengan satu kali bayar retribusi parkir, sepeda motor Rp1000 dan mobil Rp2.000. Tidak perlu lagi bayar saat parkir kendaraan di sekitar pasar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sebelumnya Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan bersama Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka Barat telah melaksanakan kegiatan uji coba pemberlakuan sistem portal satu kali bayar parkir di pintu masuk Pasar Mentok.

Menurut Kepala Bidang Perhubungan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Barat, Juswardi, uji coba sistem satu kali bayar distribusi parkir menggunakan karcis untuk memperbaiki sistem pengelolaan parkir satu pintu.

"Kita akan lihat bagaimana pola dan pendapatan dalam uji coba tersebut," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021