Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung akan terus mendorong keberadaan Forum Anak Bangka Barat agar bisa terus melakukan berbagai kegiatan positif untuk menyalurkan hobi dan bakat yang dimiliki.

"Kami berikan apresiasi positif atas terbentuknya Forum Anak Bangka Barat. Kami harapkan ke depan mereka lebih giat lagi dalam keikutsertaannya membangun daerahnya," ujar Kepala Badan Pemerintahan Masyarakat, Perempuan dan Pemerintahan Desa Bangka Barat, Sidharta Gautama di Muntok, Rabu.

Dalam upaya mendorong kegiatan anak-anak tersebut, kata dia, pihaknya akan melakukan pembinaan keorganisasian forum tersebut dan mendukung segala kegiatan yang dilakukan.

"Pemkab akan mendukung berbagai bentuk kegiatan yang digagas dan dilakukan anak-anak sebagai upaya membentengi mereka dari berbagai dampak negatif yang terjadi di lingkungannya," kata dia.

Menurut dia, kegiatan penanaman 1.000 bibit pohon bakau yang dilakukan di Pantai Unmet Muntok yang dilaksanakan Forum Anak Bangka Barat patut mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pihak karena kegiatan itu merupakan salah satu bentuk kepedulian anak pada kelestarian lingkungannya.

"Apa yang mereka lakukan adalah bentuk saran dari anak-anak dalam menjaga kelestarian lingkungan," kata dia.

Menurut dia, pemkab akan terus mendorong forum tersebut agar suara anak-anak tersalurkan dan diharapkan kegiatan seperti itu tidak berhenti hanya dalam satu kegiatan saja.

Sementara itu, Bupati Bangka Barat Zuhri M Syazali mengharapkan seluruh anak-anak di daerah itu memiliki kemauan untuk maju dan ikut berperan serta dalam pembangunan daerahnya.

"Apa yang dilakukan forum anak ini membuat kami bangga karena mereka merasa memiliki, dan mampu menjaga serta mengelola lingkungannya secara arif dan bijaksana untuk generasi mendatang, kalau mayoritas anak Bangka Barat seperti ini kesadarannya, saya yakin negeri ini akan maju dengan lebih cepat dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera," kata dia.

Menurut dia, terbentuknya forum anak dengan berbagai kegiatan yang mereka gagas diyakini akan mampu menghindarkan generasi muda dari dampak narkoba dan dampak negatif lainnya.

"Mumpung kalian masih muda, isi masa muda dengan hal-hal bermanfaat," pesan Zuhri.

Hal ini diungkapkan Bupati menanggapi kegiatan penanaman 1.000 bibit bakau yang dilakukan Forum Anak Bangka Barat di Pantai Unmet Muntok yang dihadirinya bersama Komandan Pangkalan TNI AL Babel Letkol Laut (P) Hendra Kesuma, Kapolres Bangka Barat AKBP Daniel Viktor Tobing, pejabat Unit Metalurgi Muntok dan ratusan warga setempat.

Selain penanaman bakau, pada kesempatan itu, PT Timah Tbk melalui Unit Metalurgi Muntok juga menyerahkan bantuan dua unit rumpon atau terumbu karang buatan kepada kelompok nelayan Teluk Rubiah dan Paitjaya Muntok.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015