Realisasi investasi di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sampai akhir 2020 mencapai Rp2,1 triliun atau telah melebihi target yang ditetapkan sebelumnya yaitu Rp1,7 triliun.

"Untuk dipahami bersama berdasarkan target dan capaian maka realisasi investasi di Belitung sampai dengan 2020 sudah mencapai target," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Rabu.

Hal ini disampaikan Bupati dalam rapat paripurna DPRD Belitung tentang jawaban eksekutif terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Belitung terhadap raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Belitung tahun 2020.

Menurut dia, target investasi mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Belitung tahun 2018-2023 dimana sampai dengan 2020 nilai investasi di daerah itu ditargetkan mencapai Rp1,7 triliun.

"Namun realisasi investasi sesuai LKPJ Bupati Belitung sampai dengan 2020 telah mencapai Rp2,1 triliun atau melebih target yang ditetapkan sebelumnya," ujar dia.

Ia menambahkan, pemerintah daerah akan terus melakukan upaya peningkatan investasi seperti melaksanakan pemetaan potensi dan peluang investasi serta menyusun profil investasi daerah dan studi kelayakan investasi.

"Kemudian meningkatkan promosi penanaman daerah dan melaksanakan revisi dan penyesuaian regulasi daerah di bidang penanaman modal," katanya.

Selain itu, lanjut Bupati, pemerintah daerah juga memberikan insentif dan kemudahan investasi bagi para investor yang melakukan investasi baru maupun investor yang mengembangkan investasinya di Belitung.

"Ada semacam "reward" yang kami berikan kepada para investor baik yang akan menamkan modal di Belitung dan yang telah menjalankan usahanya," ujar Bupati.

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021