Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung penguatan usaha perkoperasian yang berkelanjutan guna membangun ekonomi.

"Peran koperasi cukup besar dalam membangun ekonomi masyarakat atau anggotanya terdampak pandemi secara umum," kata Wakil Bupati Bangka, Syahbudin di Sungailiat, Sabtu.

Dikatakan, usaha koperasi cukup relevan dalam mendukung penguatan ekonomi karena dibangun azas kebersamaan antar anggota berdasarkan anggaran dasar dan rumah tangga di lembaga masing-masing koperasi.

"Anggaran dasar dan rumah tangga koperasi, menjadi dasar hukum kelembagaan koperasi yang harus ditaati secara kolektif antar pengurus dan anggota," jelasnya.

Pihaknya melalui dinas terkait terus melakukan pembinaan koperasi didirikan oleh masyarakat serta meningkatkan koordinasi dengan koperasi di bawah suatu lembaga lain.

"Dukungan eksistensi ekonomi yang dikembangkan lembaga koperasi, tidak hanya dari anggota melainkan juga masyarakat umum sebagai konsumen usaha," kata wabup.

Wabup menyarankan seluruh pengurus dan anggota koperasi dapat membangun sinergi dengan lembaga ekonomi yang ada di daerahnya agar ekonomi masyarakat tumbuh dengan baik.

"Pengurus dan anggota koperasi hendaknya mampu mengembangkan usaha ekonomi sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021