Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 21 bayi di daerah itu diketahui terpapar COVID-19 karena kontak erat.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Senin mengatakan, 21 bayi atau anak usai di bawah satu tahun yang terdata COVID-19 merupakan angka kumulatif sejak munculnya kasus virus corona satu tahun lebih di wilayah Kabupaten Bangka.

"Bayi yang terpapar COVID-19 merupakan transmisi lokal karena kontak erat dengan anggota keluarga atau orang tuannya yang positif COVID-19," jelasnya.

Boy Yandra mengatakan, semua bayi yang positif sudah mendapatkan pelayanan kesehatan secara intensif dari tim medis di rumah sakit.

"Saya ingatkan masyarakat terutama yang memiliki bayi dan balita jika dipastikan positif COVID-19 atau mengalami gangguan kesehatan seperti demam, flu hendaknya menjaga jarak," jelasnya.

Dia mengatakan, sebaran COVID-19 sudah merata di semua wilayah kecamatan dengan kasus pasien mulai dari bayi, balita sampai ke usia lanjut.

"Saya ingatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali agar meningkatkan disiplin penerapan prokes karena kasusnya masih terjadi setiap harinya," katanya.

Bagi warga yang merasa kontak erat dengan pasien COVID-19, Boy Yandra menyarankan segera melapor ke puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan termasuk bagi warga yang mengalami demam.

Terdata sampai dengan sekarang total kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka mencapai 5.120 orang, 4.595 orang sudah sembuh, 94 pasien meninggal dunia dan 431 orang masih menjalani perawatan kesehatan.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021